Perusahaan Multinasional di Indonesia ( Inggris – Jerman – Belanda – Amerika )

Posted: June 23, 2012 in tugas

PERUSAHAAN MULTINASIONAL DARI INGGRIS

HSBC

HSBC Holdings PLC

 
    Jenis   Terbuka
    Slogan   The world’s local bank
    Didirikan   1865
    Lokasi   London, Britania Raya
    Orang    Stephen Green, Chairman
  Michael Geoghegan,CEO

   Karyawan

   253.000
   Produk Jasa keuangan

Situs web

www.hsbc.com

HSBC Holdings PLC (NYSE: HBC, LSE: HSBA, SEHK: 005, Euronext: HSBC), adalah salah satu grup perbankan terbesar di dunia. HSBC bermarkas di London, dengan kantor pusat di Menara HSBC, London, sebuah bagian dari pengembangan Canary Wharf di London Docklands. Anggota pendirinya adalah The Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited, sebuah bank yang dibentuk oleh orang SkotlandiaThomas Sutherland – untuk membiayai perdagangan di Timur Jauh di 1865.

Pada 2005, bank ini merupakan perusahaan terbesar keempat dalam segi aset ([1]). Ia melaporkan jumlah pemasukan dalam dolar AS sekitar 70% berasal dari luar Britania. Nyaris 40% berasal dari operasinya di Hong Kong. Sebelum pindah markasnya ke London pada awal 1990-an, ia bermarkas di Hong Kong. HSBC merupakan bank terbesar di Hong Kong, dan kedua terbesar di dunia setelah Citigroup.

Di Indonesia, HSBC mulai hadir di Jakarta pada tahun 1884, sehingga merupakan salah satu bank tertua di Indonesia.

Grup struktur

HSBC Holdings adalah perusahaan terbatas publik yang didirikan di Inggris dan Wales.

Berkantor pusat di London, kelompok HSBC beroperasi di lima wilayah: Eropa; Hong Kong; seluruh Asia Pasifik; termasuk Timur Tengah dan Afrika; Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Entitas yang membentuk Grup HSBC menyediakan rangkaian lengkap layanan keuangan untuk pribadi, komersial, korporasi, kelembagaan dan investasi, dan klien private banking. Untuk lebih mudah mempromosikan Grup secara keseluruhan, HSBC didirikan sebagai nama, merek seragam internasional pada tahun 1999. Pada tahun 2002, HSBC meluncurkan kampanye untuk membedakan merek dari para pesaing nya dengan menjelaskan karakteristik unik yang membedakan HSBC, diringkas oleh kata-kata ‘bank lokal dunia’.

Referensi kepada HSBC di situs ini mengacu pada Grup HSBC badan hukum diskrit, yang masing-masing seluruhnya atau sebagian dimiliki oleh HSBC Holdings plc. Anak perusahaan HSBC terbesar dan paling terkenal dan daerah utama mereka operasi adalah:

Anak Perusahaan Primer daerah operasi
The Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited Hong Kong SAR, dengan jaringan luas di seluruh Asia Pasifik.
Hang Seng Bank Limited Hong Kong SAR
HSBC Bank plc Inggris
HSBC Perancis Perancis
HSBC Bank USA NA Amerika Serikat
Bank HSBC Brasil SA-Banco Múltiplo Brazil
HSBC Holdings Private Banking (Suisse) SA Swiss, Hong Kong SAR, Monako, Luksemburg, Inggris, Singapura dan Kepulauan Channel.
Grupo Financiero HSBC, SA de CV Meksiko

 

jaringan International

Jaringan internasional HSBC terdiri dari sekitar 7.200 kantor di 85 negara dan teritori di Eropa, kawasan Asia-Pasifik, Amerika, Timur Tengah dan Afrika.

Kantor menurut Wilayah

Daerah

Jumlah kantor

Amerika

3,689

Asia-Pasifik

1,016

Eropa

2,207

Timur Tengah & Afrika

249

Kantor menurut Negara / Wilayah

Negara / Wilayah

Daerah

Jumlah kantor

Aljazair Timur Tengah & Afrika

2

Angola Timur Tengah & Afrika

1

Argentina Amerika

186

Armenia Eropa

7

Australia Asia-Pasifik

35

Austria Eropa

1

Bahama Amerika

4

Bahrain Timur Tengah & Afrika

6

Bangladesh Asia-Pasifik

13

Belgia Eropa

2

Bermuda Amerika

11

Brazil Amerika

1,344

Kepulauan Virgin Inggris Amerika

2

Brunei Darussalam Asia-Pasifik

11

Kanada Amerika

241

Cayman Islands Amerika

8

Channel Islands Eropa

31

Chili Amerika

8

Cina Asia-Pasifik

185

Kolumbia Amerika

23

Kepulauan Cook Asia-Pasifik

1

Kosta Rika Amerika

33

Republik Ceko Eropa

2

Mesir Timur Tengah & Afrika

86

El Salvador Amerika

84

Perancis Eropa

409

Jerman Eropa

14

Yunani Eropa

21

Guatemala Amerika

1

Honduras Amerika

75

Hong Kong SAR Asia-Pasifik

261

India Asia-Pasifik

113

Indonesia Asia-Pasifik

144

Irak Timur Tengah & Afrika

11

Irlandia Eropa

7

Isle of Man Eropa

3

Israel Timur Tengah & Afrika

1

Italia Eropa

2

Jepang Asia-Pasifik

10

Yordania Timur Tengah & Afrika

4

Kazakhstan Eropa

10

Kenya Timur Tengah & Afrika

1

Korea, Republic of Asia-Pasifik

14

Kuwait Timur Tengah & Afrika

1

Libanon Timur Tengah & Afrika

5

Libya Timur Tengah & Afrika

1

Luksemburg Eropa

6

Makau SAR Asia-Pasifik

7

Malaysia Asia-Pasifik

65

Maladewa Asia-Pasifik

1

Malta Eropa

43

Mauritius Timur Tengah & Afrika

12

Meksiko Amerika

1,071

Monaco Eropa

3

Belanda Eropa

1

Selandia Baru Asia-Pasifik

11

Nikaragua Amerika

1

Nigeria Timur Tengah & Afrika

1

Oman Timur Tengah & Afrika

5

Pakistan Asia-Pasifik

11

Palestina Otonomi Daerah Timur Tengah & Afrika

1

Panama Amerika

69

Paraguay Amerika

7

Peru Amerika

24

Filipina Asia-Pasifik

21

Polandia Eropa

8

Qatar Timur Tengah & Afrika

3

Rusia Eropa

3

Arab Saudi Timur Tengah & Afrika

83

Singapura Asia-Pasifik

22

Slowakia Eropa

2

Afrika Selatan Timur Tengah & Afrika

5

Spanyol Eropa

4

Sri Lanka Asia-Pasifik

17

Swedia Eropa

2

Swiss Eropa

17

Taiwan Asia-Pasifik

52

Thailand Asia-Pasifik

2

Turki Eropa

333

Uni Emirat Arab Timur Tengah & Afrika

20

Inggris Eropa

1,276

Amerika Serikat Amerika

481

Uruguay Amerika

15

Venezuela Amerika

1

Vietnam Asia-Pasifik

20

 

 

 

 

PERUSAHAAN MULTINASIONAL DARI JERMAN

Mercedes-Benz

Mercedes-Benz

 
Jenis Divisi dari Daimler AG
Industri Otomotif
Pendahulu Benz & Cie.
Daimler Motoren Gesellschaft
Didirikan Mannheim, 1886
Pendiri Karl Benz
Gottlieb Daimler
Kantor pusat Stuttgart, Jerman
Tokoh penting Dieter Zetsche, CEO
Produk Otomobil
Truk
Bus
Mesin
Induk Daimler AG
Situs web 

 

www.mercedes-benz.com 
 

     President & CEO Rudolf Borgenheimer
     Finance Director           Tina Hutani  

   Sales and Marketing Director

    Roland Staehler  
     Technical Director           Frank Haegele  

Human Resources Director

          Ester Tjiungwanara  
     After Sales Director           Dominik Gronle  
 

 

 

Mercedes-Benz 300Sc Cabriolet tahun 1957

Mercedes-Benz (pengucapan bahasa Jerman: [mɛʁˈtseːdəs ˈbɛnts]) adalah sebuah perusahaan otomotif asal Jerman yang memproduksi berbagai macam kendaraan seperti mobil, truk, dan bus. Mercedes-Benz adalah salah satu perusahaan mobil paling dikenal di dunia dan juga perusahaan mobil tertua di dunia yang bertahan sampai sekarang. Mobil mereka terkenal berteknologi dan memiliki tingkat keamanan tinggi.

Mercedes-Benz adalah divisi dari Daimler AG. Asal mula Mercedes-Benz berasal dari penemuan Karl Benz atas mobil berbahan bakar bensin pertama di dunia yang dipatenkan bulan Januari 1886, Benz Patent Motorwagen. serta jasa dari Gottlieb Daimler serta teknisi Wilhelm Maybach. Mobil-mobil Mercedes pertama kali dijual pada tahun 1901 oleh Daimler Motoren Gesellschaft. Mobil pertama yang memakai merek Mercedes-Benz diproduksi tahun 1926 setelah adanya merger antara perusahaan Benz dengan Daimler menjadi perusahaan Daimler-Benz.

 

Mercedes-Benz di Indonesia terdiri dari tiga perusahaan, yaitu PT Mercedes-Benz Indonesia, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia dan PT Star Engines Indonesia. Kantor Jakarta berlokasi di gedung Bank Deutsche bergengsi di Jakarta, sedangkan 42-hektar tanaman kita adalah di Wanaherang, Gunung Putri, Bogor, dan Purna Jual kantor kami terletak di Ciputat.

PT Mercedes-Benz Indonesia adalah perusahaan investasi 100% asing, yang dimiliki oleh Daimler AG, Stuttgart (89,21%) dan Daimler Proyek Konsultasikan, Jerman (10,79%). Ini adalah Agen Assembler, Tunggal dan Produsen Mercedes-Benz di Indonesia.

PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia adalah sebuah perusahaan patungan, yang dimiliki oleh Daimler AG, Stuttgart (43%), PT Mercedes-Benz Indonesia (52%) dan Bahasa Indonesia mitra Mr Iwan Valiant Joesoef, Jakarta (5%). Ini adalah distributor utama bagi PT Mercedes-Benz Indonesia, bertanggung jawab untuk pemasaran Mercedes-Benz produk di Indonesia.

 

Sejarah

Asal perusahaan ini di awal 1880-an, ketika Gottlieb Daimler dan Carl Benz menemukan mobil secara terpisah di selatan Jerman. Daimler dan Wilhelm Maybach, yang bersama menemukan Mesin empat-tak, bekerja sama di Cannstatt (kota di distrik Stuttgart); Benz memiliki tokonya di Mannheim dekat Heidelberg. Tidak ada catatan kedua penemu pernah bertemu.

Pada awal 1900-an, mobil Daimler dibuat di Untertürkheim (juga sebuah kota di distrik Stuttgart) dijual dengan sukses oleh agen Austria yang bernama Emil Jellinek, yang memasok mobil tersebut dengan nama putrinya, Mercédès.

Saat ini mercedes-benz sedang merambah marketing mereka melalui media online.

Jajaran Produk

Daftar produk-produk mobil penumpang Mercedes-Benz yang diproduksi tahun 2011:

Mercedes-Benz SLR McLaren

Artikel utama untuk bagian ini adalah: Mercedes-Benz SLR McLaren

 

 

SLR McLaren wana silver pada acara European Motor Show di Brussels tahun 2006

Antara tahun 2003 dan 2009, Mercedes-Benz memproduksi mobil sport dalam jumlah terbatas bersama dengan McLaren Automotive. Proyek ini merupakan bentuk kolaborasi tambahan setelah mereka bekerja sama di Formula Satu yang sebagian saham timnya dimiliki Mercedes.

Mercedes-Benz SLR McLaren memiliki bodi carbon fibre dengan mesin V8 5.4L dengan supercharger. Mesin ini menggunakan silinder blok yang sama dengan SL55 AMG dan CLS55 AMG, meskipun dimodifikasi sehingga mampu mengeluarkan tenaga maksimal 460 kW (625 PS; 617 bhp) dengan torsi 780 N·m (575 ft·lbf). SLR McLaren mempunyai kecepatan maksimum sekitar 337 km/jam.

Penamaan mobil

Sampai tahun 1994, Mercedes-Benz menggunakan sistem alfanumerik untuk mengelompokkan mobil-mobil mereka, terdiri dari angka yang menunjukkan kapasitas mesin mobil jika dikali 100 dan diikuti huruf-huruf yang menandakan tipe bodi dan tipe mesin.

  • “C” menandakan bahwa model bodinya coupe/cabriolet.
  • “D” berarti menggunakan mesin diesel.
  • “E” (untuk “Einspritzen”) berarti memakai mesin bensin dengan injeksi. Di beberapa kejadian, jika tidak ada tulisan “D” atau “E” maka memakai mesin bensin karburator.
  • “G” melambangkan kendaraan off-road Gelandewagen.
  • “K” digunakan tahun 1930-an, menandakan mesin dengan supercharger (“Kompressor”).Untuk SSK, K nya adalah “Kurz” (short-wheelbase/sumbu roda pendek).
  • “L” melambangkan “Leicht” (lightweight) untuk model sedan sport, dan “Lang” (long-wheelbase/sumbu roda panjang) untuk model sedan.
  • “R” singkatan dari “Rennen” (racing/balap), digunakan untuk mobil balap. (contohnya 300SLR).
  • “S” berarti “Sport” untuk model performa tinggi atau “Special” untuk model teratas/unggulan.
  • “T” singkatan dari “Touring” dan menandai jenis mobil estate/station wagon.

Untuk beberapa model, nomor-nomor pada penamaan mobil itu tidak sesuai dengan kapasitas mesin mobilnya. Nomor-nomor ini diberikan hanya untuk menentukan posisi mobil tersebut di jajaran mobil Mercedes-Benz.

Setelah tahun 1994, Mercedes-Benz memperbaharui sistem penamaan mobil mereka. Sekarang, model-model mobil dikelompokkan dalam kelas-kelas yang penamaannya sampai 3 huruf (lihat di atas), kemudian diikuti dengan 3 digit angka (atau 2 digit untuk model AMG). Untuk varian dengan modl sama (seperti varian estate atau varian mesin diesel) tidak lagi diberikan huruf yang berbeda. Di beberapa kasus, penamaan ini tidaklah selalu pasti. Contohnya, SLR dan SLS-AMG tidak mengikuti nama ini.

Sama seperti sebelumnya, 3 nomor pada model-model Mercedes-Benz tidak mempunyai hubungan dengan kapasitas mesin mobil tersebut. Nomor tersebut terkadang malah berkaitan dengan keluaran tenaga mesin. Contohnya, E250 CGI mempunyai tenaga mesin lebih besar daripada E200 CGI karena adanya perbedaan tuning mesin, meskipun keduanya memakai mesin 1.8L.

Beberapa model juga ditambahi beberapa fitur khusus yang disimbolkan dengan:

  • “4Matic” berarti mobil itu menggunakan penggerak 4 roda.
  • “Bluetec” menandakan mesin diesel dengan pipa gas buang selective catalytic reduction.
  • “BlueEfficiency” menandakan adanya fitur efisiensi bahan bakar (injeksi, start-stop system, modifikasi aerodinamika, dll.)
  • “CGI” (Charged Gasoline Injection) menandakan Injeksi bensin langsung.
  • “CDI” (Common-rail Direct Injection) menandakan mesin diesel dengan teknologi common-rail.
  • “Hybrid” menandakan mobil hybrid.
  • “NGT” menandakan menggunakan bahan bakar gas.
  • “Kompressor” menandakan mesin dengan supercharger.
  • “Turbo” menandakan mesin dengan turbocharger, hanya digunakan di model Kelas A, B,Е dan GLK.

Produksi

Disamping negara aslinya Jerman, mobil-mobil Mercedes-Benz juga diproduksi/dirakit di negara-negara berikut:

  • Argentina (bus, truk dan van Sprinter. Pabrik pertama Mercedes-Benz diluar Jerman.)[2]
  • Austria (G-Class)[3]
  • Bosnia dan Herzegovina
  • Brasil[4] Memproduksi truk, bus dan C-Class. Didirikan 1956.
  • Kanada
  • Mesir melalui Egyptian German Automotive Company
  • Hungaria (konstruksi dari pabrik baru ini diumumkan tanggal 18 Juni 2008 untuk generasi berikutnya dari A- dan B-Class)[5][6]
  • India[7]
  • Indonesia[8]
  • Iran (Diberhentikan sejak 2010[9])
  • Malaysia[10]

Kejuaraan Balap Mobil

Formula 1

Artikel utama untuk bagian ini adalah: Mercedes GP

Mercedes-Benz ikut ambil bagian di kejuaraan dunia ini tahun 1954 dan 1955, tapi karena gagal untuk merebut gelar juara untuk Juan-Manuel Fangio,[17] perusahaan ini memutuskan untuk keluar setelah ikut 2 musim saja. Padahal Juan adalah salah satu pembalap F1 terbaik sepanjang sejarah.[18]

Mercedes-Benz kembali ke arena ini sebagai pemasok mesin pada tahun 1990 dan memiliki sebagian saham dari Team McLaren.[19] Kerjasama ini terbilang sukses, termasuk dengan kemenangan Mika Häkkinen tahun 1998 dan 1999 serta Lewis Hamilton tahun 2008. Kerjasama dengan McLaren berlanjut hingga pembuatan mobil sport Mercedes-Benz SLR McLaren.

Tahun 2007, McLaren dan Mercedes didenda 100 juta dolar AS karena mereka mencuri data teknik rahasia milik Ferrari.[20]

Tahun 2009, Brawn GP, tim Formula Satu debutan milik Ross Brawn yang memakai mesin Mercedes, menang sebagai juara konstruktor pada tahun itu dan juga menjadikan Jenson Button sebagai juara pembalapnya. Pada akhir musim, Mercedes-Benz menjual kepemilikan saham McLaren sebanyak 40% ke McLaren Group dan membeli 70% saham tim Brawn GP. Maka, ditahun 2010 nama tim berubah menjadi Mercedes GP dan tim ini menjadi tim milik Mercedes-Benz.

Inovasi

Banyak teknologi-teknologi mobil yang telah ditemukan oleh pabrikan Mercedes-Benz sepanjang sejarah mereka berdiri, diantaranya:

  • Mesin pembakaran dalam, ditemukan oleh Benz dan Daimler & Maybach tahun 1886.
  • Daimler menemukan radiator honeycomb yang masih digunakan oleh semua kendaraan berpendingin air sampai saat ini.
  • Daimler menemukan karburator yang masih digunakan sampai akhirnya belakangan ini digantikan oleh injeksi.
  • “Chassis drop”— mobil yang dinamai “Mercedes” oleh Daimler adalah mobil pertama dengan konfigurasi modern, mempunyai “carriage” lebih rendah dan satu set as depan belakang, menggunakan Mesin depan dan penggerak roda belakang. Mobil-mobil sebelumnya adalah “horseless carriages”, mempunyai titik pusat gravitasi tinggi dan konfigurasi mesin dan drivetrain yang beragam.
  • Mobil penumpang pertama yang memiliki rem di keempat rodanya (1924).[21]
  • Sistem konstruksi pengaman mobil dengan crumple zones depan dan belakang, pertama kali dikembangkan oleh Mercedes-Benz tahun 1951. Penemuan ini dianggap sebagai salah satu penemuan paling penting di konstruksi otomotif khususnya bagian keamanan.[22][dibutuhkan verifikasi sumber]
  • Tahun 1959, Mercedes-Benz mematenkan sebuah alat yang dapat menghindari slip dengan cara mengatur kerja mesin, transmisi, dan rem mobil. Tahun 1987, Mercedes-Benz mengaplikasikan patennya ini dengan memperkenalkan sistem kontrol traksi.
  • Kontrol traksi dan airbag untuk pasar Eropa merupakan inovasi dari Mercedes-Benz. Teknologi ini diperkenalkan tahun 1986.
  • Mercedes-Benz adalah pabrikan pertama yang menggunakan sabuk pengaman pretensioner pada S-Class tahun 1981. Pada saat terjadi tabrakan, sebuah pre-tensioner akan mengencang dengan sendirinya, sehingga menghindari penumpangnya dari cedera yang lebih serius.
  • Bulan September 2003, Mercedes-Benz memperkenalkan transmisi otomatis pertama di dunia dengan 7 percepatan yang mereka namakan 7G-Tronic.
  • Program Stabilitas Elektronik (ESP), brake assist,[23] dan berbagai macam perangkat keamanan lainnya, semuanya dikembangkan, dites, dan diimplementasikan di mobil penumpang pertama kali oleh Mercedes-Benz. Mercedes-Benz tidak membuat berita besar-besaran tentang penemuannya ini. Mereka malah membuat lisensi teknologi ini untuk digunakan oleh para pabrikan otomotif lainnya di seluruh dunia-dalam nama meningkatkan keamanan pengemudi dan penumpang. Sebagai hasilnya, sekarang crumple zones dan anti-lock braking system (ABS) menjadi standar di hampir semua mobil-mobil modern.[22][dibutuhkan verifikasi sumber]

 

 

Mesin Mercedes M156

  • Mesin 8 silinder paling bertenaga di dunia saat ini adalah milik Mercedes-AMG, 6208 cc M156 yang mempunyai tenaga 85 PS per 1000cc-nya. Mesin V8 ini dinamai ’63 AMG’, dan digantikan oleh mesin M113 ’55 AMG’ di banyak model. Mesin M156 ini mampu memproduksi tenaga sampai 391 kW (532 PS; 524 bhp), tapi pencapaian tenaga ini agak sedikit berbeda di tiap-tiap modelnya.[24]
  • (W211) E320 CDI yang menggunakan Mesin V6 2.8L diesel dengan variable geometry turbocharger (VGT) dan common rail berhasil mencatat 3 rekor uji ketahanan dunia. Mobil ini mampu menyelesaikan 100.000 mil (160.000 km) dengan kecepatan rata-rata mencapai 224.823 km/jam. 2 mobil lainnya yang identik berhasil memecahkan rekor yang sama untuk menyelesaikan 100.000 km dan 50.000 mil(80.000km). (semua rekor ini diresmikan oleh FIA).[25]
  • Mercedes-Benz adalah penemu dari sistem yang dinamakan Pre-Safe, yang gunanya untuk mendeteksi adanya kecelakaan tak terduga dan menyiapkan sistem pengaman mobil sehingga bisa merespon dengan tepat. Teknologi ini juga dapat menghitung berapa tenaga rem yang diperlukan untuk menghindari kecelakaan pada situasi kritis, langsung bekerja saat pengendara menekan pedal remnya. Para penumpang juga diamankan dengan mengencangkan sabuk pengaman, menutup sunroof dan jendela, dan mengubah posisi tempat duduk ke posisi optimal.

Sederet penemuan perangkat keamanan membantu Mercedes-Benz memenangkan penghargaan Safety Award di penghargaan “What car?” tahun 2007.[21]

Lihat pula

Referensi

  1. ^ a b “Mercedes-Benz History”. Edmunds.com. Diakses pada 26 September 2010.
  2. ^ “/// Mercedes-Benz Argentina ///”. Mercedes-benz.com.ar. Diakses pada 26 September 2010.
  3. ^ Martin, Norman, “Going, Going, Graz “, Automotive Industries.
  4. ^ “DaimlerChrysler”. DaimlerChrysler. Diakses pada 26 September 2010.
  5. ^ “Mercedes-Benz Plant Kecskemét”. Daimler-Benz. Diakses pada 15 Oktober 2009.
  6. ^Germany: Daimler Selects Plant Site “, New York Times, 19 Juni 2008. Diakses pada 15 Oktober 2009.
  7. ^ “Mercedes-Benz India – Passenger Cars Homepage”. Mercedes-benz.co.in. Diakses pada 26 September 2010.
  8. ^ “Mercedes-Benz Indonesia – Passenger Cars homepage”. Mercedes-benz.co.id. Diakses pada 26 September 2010.
  9. ^Daimler to sever links with Iran “, (BBC News), 14 April 2010.
  10. ^ DaimlerChrysler Malaysia
  11. ^ “Anambra Motor Manufacturing Company Ltd”. Anammco.com. Diakses pada 26 September 2010.
  12. ^ “South Africa’s automotive industry”. SouthAfrica.info. Diakses pada 26 September 2010.
  13. ^ “Thonburi Group:Serving the Thai market for more than six decades”. Diakses pada 15 Oktober 2009.
  14. ^ Mercedes-Benz Türk A.Ş
  15. ^ “MBUSI Products/Models”. Mbusi.com. Diakses pada 26 September 2010.
  16. ^ “Mercedes-Benz Vietnam Company Overview”. mercedes-benz.com.vn. Daimler AG. 18 Juni 2010. Diarsipkan dari yang asli pada 23 November 2010. Diakses pada 23 November 2010. “Established in 1995…Mercedes-Benz Vietnam….supplies both passenger cars and commercial vehicles to the market.”
  17. ^ “The official Formula 1 website”. Formula1.com. 24 Juni 1911. Diakses pada 26 April 2009.
  18. ^ “Enciclopedia Britannica”. Britannica.com. Diakses pada 26 September 2010.
  19. ^ “Ilmor: Bowmen of the Silver Arrows”. Atlasf1.autosport.com. Diakses pada 26 April 2009.
  20. ^ “FIA: $100M fine handed to Mercedes”. FIA. Diakses pada 26 April 2009.
  21. ^ a b “Magazine”. Roadsafe.com. Diakses pada 26 September 2010.
  22. ^ a b “Mercedes-Benz Safety Innovations”. Theautochannel.com. 13 September 2010. Diakses pada 26 September 2010.
  23. ^ Mercedes Introduces PRE-SAFE Brake Safety System Posted on 22 June 2006, The Unofficial Mercedes-Benz Weblog
  24. ^ “Mercedes-AMG 6.2-litre V8 Engine : News & Reports : Motoring”. Web Wombat. 13 Juli 2005. Diakses pada 26 September 2010.
  25. ^ “New Mercedes Diesel Engine Breaks World Endurance Record”. Edmunds.com. Diakses pada 29 September 2010.

 

 

 

 

PERUSAHAAB MULTINASIONAL DARI BELANDA

Philips

Royal Philips Electronics N.V.

 
Jenis Publik (Euronext: PHIA, NYSE: PHG)
Industri Elektronik
Didirikan 1891
Kantor pusat Amsterdam, Belanda
Tokoh penting Gerard Kleisterlee, CEO
Produk Elektronik konsumen
Semikonduktor
Pencahayaan
Sistem medis
Pendapatan 25.42 billion (2010)[1]
Laba usaha €2.065 billion (2010)
Laba bersih €1.446 billion (2010)
Jumlah aset €32.27 billion (end 2010)
Jumlah ekuitas €15.09 billion (end 2010)
Karyawan 119,000 (FTE, akhir 2010)
Situs web www.philips.com

 

Koninklijke Philips Electronics N.V. (Royal Dutch Philips Electronics Ltd.), biasa dikenal sebagai Philips, ialah salah satu produsen elektronik konsumen terbesar di dunia. Pada 2004, penjualannya sekitar 30,3 juta dan mereka mempekerjakan 161.586 orang di lebih dari 60 negara. Philips diorganisasi dalam sejumlah divisi: Philips Consumer Electronics, Philips Semiconductors, Philips Lighting, Philips Medical Systems dan Philips Domestic Appliances and Personal Care.

 

 

Philips

Perusahaan ini didirikan pada 1891 oleh 2 bersaudara Gerard dan Anton Philips (1874-1951) di Eindhoven, Belanda. Produk pertamanya ialah bola lampu ‘dan alat elektronik lainnya’. Pabrik pertamanya kini menjadi museum. Pada 1920-an, perusahaan ini mulai memproduksi produk lain, dan pada 1939 pisau cukur listrik pertamanya, Philishave, diperkenalkan. Philips memasarkan alat cukurnya di AS dengan nama Norelco. Philips memperkenalkan tape compact audio cassette, yang dengan ramai sukses, melalui percobaan mereka mengatur standar untuk VCR, V2000, gagal di muka persaingan dari Betamax dan khususnya standar VHS.
Pada 9 Mei 1940, direktur Philips diberitahu mengenai penyerbuan Jerman ke Belanda pada 10 Mei. Mereka memutuskan meninggalkan negerinya dan lari ke Amerika Serikat. Mereka menerima banyak modal perusahaan dengannya. Beroperasi dari AS, mereka mengurus untuk menjalankan perusahaan sepanjang perang. Di saat yang sama, perusahaan itu sendiri pindah ke Antillen Belanda untuk menjaganya dari tangan Jerman. Setelah perang kembali ke Belanda, dengan markasnya di Eindhoven (dan pada 1997 keputusan dibuat untuk pindah ke Amsterdam – perpindahan ini selesai pada 2001). Banyak fasilitas penelitian rahasia dikunci dan berhasil disembunyikan dari penyerang, yang memungkinkan perusahaan berlari cepat lagi setelah perang. Juga dipercaya bahwa Philips – sebelum dan selama perang – memasok banyak peralatan listrik kepada angkatan pendudukan Jerman, yang membuat beberapa orang berpikir bahwa perusahaan itu berkolaborasi dengan Nazi, seperti banyak perusahaan lain saat itu.

Bagaimanapun, tiada fakta yang mendukung bahwa Philips sendiri atau manajemennya pernah setuju dengan Nazi atau pahamnya. Secara jelas, ada sedikit Philips sudah bisa berbuat mencegah Jerman dari penyalahgunaan fasilitas produksinya dan memaksa pekerjanya melakukan kerja paksa selama pendudukan. Fasilitas produksi di Eindhoven merupakan satu-satunya sasaran Belanda yang dengan sengaja dibom angkatan sekutu selama perang.

Produk utama

 

 

Philips Videopac G7000

  • Pada 1963, Philips memperkenalkan Musicassette, atau “kaset audio compact”.
  • Pada 1972, Philips memperkenalkan laserdisc player, menggunakan teknologi yang telah ditemukan pada 1960-an.
  • Pada 1978 Philips memperkenalkan Philips G7000, konsol video game yang diluncurkan di AS sebagai Magnavox Odyssey 2.
  • Pada 1983, Philips meluncurkan CD dalam berhubungan dengan Sony.
  • Pada 1991, Philips memperkenalkan CD-i, Compact Disc Interactive system yang punya banyak fitur tipe konsol video game.
  • Pada 1992, Philips meluncurkan format Digital Compact Cassette yang membawa sial.
  • Pada 2001, Philips berhasil meluncurkan pembuat kopi Senseo, pertama di Belanda dan dari 2002 dst, di negara lain di Eropa. Senseo yang asli diproduksi Douwe Egberts.
  • Pada 2004, Philips meninggalkan slogan slogan “Let’s make things better” untuk menggantinya dengan yang baru : “Sense and Simplicity”.

ASM Lithography ialah perusahaan lepasan (spin-off) dari divisi Philips.

CEO dahulu dan kini:

Perusahaan yang diperoleh Philips sepanjang tahun termasuk Magnavox, Signetics, Mullard, VLSI, bagian dari Westinghouse dan operasi elektronik konsumen Philco dan Sylvania. Philips meninggalkan merk dagang Sylvania yang kini dimiliki Siemens. Philips juga memiliki 96,5% saham dengan produsen diode pemancar cahaya Lumileds.

Philips juga memiliki hak nama pada Philips Arena di Atlanta.

Pada 1913, untuk memperingati 100 tahun kemerdekaan Belanda dari Perancis, Philips mendirikan klub olahraga bagi pegawainya. Klub itu disebut Philips Sport Vereniging, atau PSV Eindhoven, seperti yang kini dikenal.

PHILIPS DI INDONESIA

Philips telah memiliki kehadiran di Indonesia sejak 1895. Kegiatan pertama perdagangan dengan Indonesia untuk lampu mulai sudah. Pada tahun 1940 pabrik Lampu di Surabaya didirikan dengan nama “NV Philips Fabricage en Handels Maatschappij”. Pada tahun 1948 tanaman Telekomunikasi didirikan di Bandung pada tahun 1951 dan penerima radio yang ditambahkan ke pabrik di Surabaya, yang kemudian dipindahkan ke Bandung. Pada tahun 1968 perusahaan patungan telah dibuat dengan pemerintah (60/40) di bawah “Philips Ralin Electronics” (PRA), yang diubah menjadi sebuah usaha 80/20 pada tahun 1993, yang mencakup kegiatan Lampu Komersial dan Industri. Pada tahun 2000 “PT Philips Electronics Indonesia” (Pel) didirikan untuk semua kegiatan lainnya. Pada tahun 2003, bagian pemerintah 20% di PT Philips Ralin Electronics dibeli dan pada tahun 2004 sebuah merger internal disadari, mengintegrasikan PRA dan Pel menjadi satu PT Philips Indonesia. Kegiatan DAP (Peralatan Rumah Tangga kecil dan Pribadi) yang sejak 1982 ditangani oleh pihak ketiga, PT Citra Kreasi Makmur, bekerjasama dengan PT Philips Indonesia. Hari ini, Philips Indonesia mempekerjakan sekitar 1.500 orang.

Kantor utama Philips Indonesia yang berlokasi di Jakarta (kantor pusat) dan Pabrik Surabaya. Hari ini, memiliki mendirikan sebuah nama yang kredibel dan terkemuka di berbagai industri yang meliputi pencahayaan, kesehatan dan gaya hidup konsumen, kegiatan usaha Perusahaan terdiri dari penjualan, pemasaran, teknis dan dukungan aplikasi.

 
Philips Bisnis
Di Indonesia, Philips berkomitmen untuk pendekatan berbasis pasar bagi perusahaan untuk membawa hi-teknologi untuk pintu konsumen dan organisasi profesi untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan orang melalui tiga bisnis:

    Kesehatan
    Penerangan
    Konsumen Gaya Hidup

Kesehatan
Philips memberikan solusi canggih untuk keduanya, profesional kesehatan untuk memenuhi kebutuhan pasien, konsumen dan diberdayakan untuk kesehatan terjangkau. Philips mendukung sistem medis terbuka dan upgradeable sehingga pelanggan mendapatkan yang terbaik dari investasi mereka. Kami membantu Anda menyederhanakan operasi Anda dengan cara yang memungkinkan Anda menghabiskan lebih banyak waktu fokus pada apa yang penting: kebutuhan pasien Anda. Kami membantu Anda sukses dalam setiap musim kepemilikan sistem, dari Berencana untuk Start-up, melalui Penggunaan Peak dan Renewal.

Philips Kesehatan memberikan salah satu portofolio dunia yang paling kuat dari peralatan medis untuk diagnosis lebih cepat dan lebih akurat dan pengobatan. The ‘Philips produk-line termasuk yang terbaik di kelas teknologi di X-ray, USG, resonansi magnetik, tomografi komputer, kedokteran nuklir, PET, onkologi radiasi sistem, pemantauan pasien, manajemen informasi dan produk resusitasi, serta berbagai pendidikan dan pelatihan jasa. Philips Kesehatan berkomitmen untuk memimpin dalam pengembangan teknologi dan layanan untuk membantu penyedia layanan kesehatan meningkatkan kualitas dan efektivitas biaya perawatan pasien, dari diagnosis terhadap pengobatan.

Di Indonesia, Philips telah memasok MRI, CT scan dan sistem kardiovaskular, serta Sistem Pasien terbaru Monitoring, USG dan HeartStart lator Defibri ke rumah sakit swasta dan publik terkenal di Indonesia: Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Harapan Kita Jantung Nasional Pusat, St Rumah Sakit Boromeus., Siloam Hospital Group, Rumah Sakit Cinere KKV, dan sebagainya. Philips juga pemimpin pasar di jantung, pemantauan pasien dan sistem ekokardiografi secara lokal. Posisi kepemimpinan yang didapat melalui pembentukan istilah kemitraan panjang dengan rumah sakit. Philips Indonesia juga terkenal dalam menyediakan layanan pelanggan yang sangat baik setelah penjualan oleh sebuah tim insinyur yang terlatih dan berpengalaman.

Cari tahu lebih lanjut tentang Produk Kesehatan dan Solusi

Penerangan
Philips adalah No.1 di pasar pencahayaan global, didukung oleh posisi kepemimpinan dalam inovasi dikombinasikan dengan pendekatan sistematis untuk mencari peluang pasar baru. Ambisi kami adalah untuk mengatur kecepatan dalam industri pencahayaan sebagai mitra pilihan pertama inovatif untuk penyediaan solusi pencahayaan kreatif dan hemat biaya.

Produk kami ditemukan di seluruh dunia: tidak hanya di mana-mana di rumah, tetapi juga dalam banyak aplikasi profesional, misalnya 30 persen dari kantor, persen 65 per bandara top dunia, 30 persen dari rumah sakit, 35 per persen dari mobil dan 55 persen dari stadion sepak bola dunia besar (tujuh dari sepuluh di sepak bola Piala Dunia 2002 di Jepang / Korea). Produk mencakup berbagai macam lampu halogen, lampu neon kompak dan normal, intensitas tinggi gas discharge dan lampu khusus, perlengkapan, ballast, elektronik pencahayaan, dan lampu otomotif dan lampu LED.

Philips Lighting memiliki solusi untuk semua kebutuhan dan ini termasuk untuk industri, toko, kantor, jalan dan daerah, perhotelan, olahraga, kecantikan kota, lampu flash rumah, sekolah, pompa bensin dan industri otomotif. Philips Lighting mempekerjakan sekitar 47.000 orang di lokasi manufaktur berbagai seluruh dunia.

Selama lebih dari 100 tahun, Philips Lighting hadir di pasar Indonesia dengan keahlian yang diakui dalam pembuatan, pengembangan dan penerapan solusi pencahayaan inovatif. Selama tahun ini, Philips telah mendapatkan posisi penting dalam pasar pencahayaan, memegang posisi nomor satu jelas. Melalui keahlian dan pemahaman mendalam dari pelanggan dan pengguna akhir, Philips Lighting adalah inovator dalam pencahayaan dan pembentuk dari lanskap industri pencahayaan. Dengan produk kami, kami menyenangkan pelanggan kami dengan kualitas baik dan pencahayaan standar tinggi; jelas semua produk kami memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Philips memiliki brand positioning yang sangat kuat dalam aplikasi banyak pencahayaan mulai dari rumah untuk aplikasi profesional. Energi lampu hemat kami menang produk untuk aplikasi rumah, sebagian besar penerangan jalan di Indonesia dipasok oleh Philips – dan dalam Olahraga pencahayaan, Philips Lighting Indonesia merupakan vendor utama dalam tiga Turnamen terakhir Kompetisi Olahraga Nasional (PON pada tahun 2000, 2004 & 2008). Sebagian besar tempat-tempat pertandingan dinyalakan oleh Philips Lighting.

Banyak produk baru yang inovatif telah diperkenalkan ke pasar akhir-akhir ini. Produk ini lebih hemat energi, lebih kompak, lebih tahan lama dan lebih ramah terhadap lingkungan. Contoh produk ini tabung neon (TL dan T5), neon kompak (CFL), halida logam, LED, Electronics Ballast dan banyak lagi. Produk ini secara positif dipengaruhi tren pencahayaan desain di Indonesia. Philips adalah No.1 di pasar pencahayaan global, didukung oleh posisi kepemimpinan dalam inovasi dikombinasikan dengan pendekatan sistematis untuk mencari pasar baru.

Philips Prestasi Indonesia menerima beberapa penghargaan: Zero kecelakaan, SMK3 dan Keselamatan penghargaan dari pemerintah Indonesia.
Banyak produk baru yang inovatif telah diperkenalkan ke pasar akhir-akhir ini. Produk ini lebih hemat energi, lebih kompak, lebih tahan lama dan lebih ramah terhadap lingkungan. Contoh produk ini tabung neon (TL dan T5), neon kompak (CFL), halida logam, LED, Electronics Ballast dan banyak lagi. Produk ini secara positif dipengaruhi tren pencahayaan desain di Indonesia. Philips adalah No.1 di pasar pencahayaan global, didukung oleh posisi kepemimpinan dalam inovasi dikombinasikan dengan pendekatan sistematis untuk mencari pasar baru.

Konsumen Gaya Hidup
Philips Consumer Lifestyle menawarkan kaya, pengalaman konsumen baru yang memenuhi keinginan konsumen untuk relaksasi dan memperbaiki keadaan pikiran mereka. Gaya hidup konsumen sektor ini terdiri dari Gaya Hidup Konsumen Hidup sehat adalah salah satu pemain kunci dalam Kesehatan dan Kesejahteraan daerah. Sektor ini bergerak dalam bidang berikut: Hidup Sehat, Perawatan Tubuh, Rumah dan hidup Hidup Interaktif. Terlibat dalam pembuatan, pengembangan dan pemasaran peralatan rumah tangga dan gaya hidup inovatif di lebih dari 60 negara, Philips adalah salah satu top dunia tiga perusahaan elektronik konsumen, dengan berbagai produk berdasarkan terkemuka dunia perusahaan kompetensi teknologi digital, dan dirancang untuk meningkatkan kehidupan sehari-hari konsumen di rumah, di tempat kerja atau di perjalanan.

Untuk Elektronik Konsumen produk dibagi menjadi kategori berikut:

    Home Video
    Home Cinema Suara
    Mainstream Audio Video
    Portabel Audio Video
    Periferal dan Aksesoris
    TV LCD

Philips menerima banyak penghargaan untuk desain dan teknologi di Gaya Hidup Konsumen. Pada tahun 2009, kami menerima penghargaan produk 13 desain dari lembaga bergengsi iF Design. Winning entri berkisar antara sistem musik nirkabel untuk headphone, home theater sistem, serutan & gunting hidung, peripheral & aksesoris, high end dijalin dgn tali dan blender tangan tanpa kabel, pengolah makanan dan peralatan dapur ketel.

Terkenal karena teknologi elektronik, Philips adalah satu-satunya non-Asia pemasok yang mencakup semua peralatan perawatan utama domestik dan pribadi untuk pasar Asia. Dari alat cukur listrik untuk besi blender, pengering rambut, dan sejumlah peralatan perawatan rumah tangga dan pribadi, Philips telah dimasukkan ke dalam tahun pengalaman, penelitian dan pengembangan. Produk-produk ini adalah yang terbaik di dunia. Philips Consumer Lifestyle membuat berbagai macam produk yang membantu orang menyiapkan makanan sehat dan lezat dan minuman, merawat rumah dan pakaian, dan meningkatkan penampilan dan rasa kesejahteraan.

Untuk peralatan perawatan Domestik dan pribadi produk dibagi menjadi kategori berikut:

    Mencukur & Grooming
    Kecantikan
    Kitchen Appliances
    Lantai perawatan
    Garment perawatan
    Air dan Penerbangan
    Ibu & Anak perawatan

 

Konsumen Lifestyle Indonesia didasarkan di Jakarta, visi kami untuk pasar lokal adalah kemampuan untuk menawarkan setiap orang Indonesia pilihan terbaik di rumah listrik dan peralatan perbaikan pribadi perawatan melalui portofolio produk global kami. Pada tahun 1982, Philips memperkenalkan mixer, kemudian blender dan kering-setrika ditambahkan. Saat ini, berbagai produk termasuk puluhan produk untuk semua segmen pasar, bervariasi dari pemanggang roti sampai pengering rambut, dari pembersih vakum untuk alat cukur dan dari penggorengan kepada ibu dan perawatan anak.

Tujuan kami adalah untuk menjadi pemain nomor satu dalam rumah tangga dan kategori perawatan pribadi di Indonesia untuk luas mungkin sosio-demografis target audiens. Distribusi berjalan baik melalui perdagangan tradisional serta saluran modern. Kami memiliki distribusi nasional untuk outlet ritel. Pada tahun 2008, Gaya Hidup Konsumen menjual 1 juta setrika kering, petenis nomor 1 dari semua negara. Sebuah contoh terkemuka pendekatan Philips ‘untuk memahami kebutuhan pelanggan telah menyebabkan Philips nominasi sukses menerima dari berbagai institusi, antara lain, penghargaan Top Brand dari Frontier Consulting untuk kategori berikut: nomor 1 untuk besi (dalam tiga tahun berturut-turut), nomor 1 untuk blender dan diberikan no 1 oleh GFK untuk mencukur dan perawatan.

 

PERUSAHAAN MULTINASIONAL DARI AMERIKA

Nike, Inc.

Nike, Inc.

 
Jenis Public (NYSE: NKE)
Industri Perlengkapan olahraga
Didirikan 1972[1]
Pendiri William J. “Bill” Bowerman
Philip H. Knight
Kantor pusat Beaverton, Oregon, Amerika Serikat
Tokoh penting Philip H. Knight
(Ketua)
Mark Parker
(CEO) & (Presiden)
Produk Sepatu atlits
Pakaian
Perlengkapan olahraga
Aksesoris
Pendapatan ▲ AS$ 16,325 miliar (2007)
Laba usaha ▲ AS$ 2,199 miliar (2007)
Laba bersih ▲ AS$ 1,491 miliar (2007)
Jumlah aset ▲ AS$ 10,688 miliar (2007)
Jumlah ekuitas ▲ AS$ 7,025 miliar (2007)
Karyawan 30.200 (2008)
Situs web Nike.com

Nike, Inc. adalah salah satu perusahaan sepatu, pakaian dan alat-alat olahraga Amerika Serikat yang merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Mereka terkenal karena mensponsori beberapa olahragawan terkenal di dunia seperti Tiger Woods, Ronaldo dan Michael Jordan. Selain itu mereka juga memiliki perjanjian dengan berbagai tim sepak bola dunia seperti Manchester United, F.C. Barcelona, Arsenal, F.C. Basel, Juventus, Clube de Regatasd Flamengo, Steaua Bucuresti, AC Sparta Praha, Red Star Belgrade, Inter Milan, VfL Bochum, VfL Wolfsburg, Hertha BSC Berlin, Borussia Dortmund, PSV Eindhoven, Valencia C.F., Urawa Red Diamonds, Kaizer Chiefs, Atlético de Madrid, NK Maribor, Glasgow Celtic, FC Porto, Paris Saint-Germain, Boca Juniors, dan Corinthians. Mereka sering dituduh mempekerjakan anak-anak di bawah umur dalam sweatshop.

 

 

 

Sejarah

Produk sepatu dan pakaian olahraga Nike dengan mudah diidentifikasi oleh khas logo perusahaan, para “swoosh” tik, dan slogan “Just Do It”.

Berbasis dari nama dewi Yunani yang berarti kemenangan, Nike didirikan tahun 1964 ketika atlet sekaligus pengusaha Oregon bernama Phillip Knight, mengagas impor sepatu lari dari Jepang untuk bersaing dengan merek Jerman seperti Adidas dan Puma yang kemudian mendominasi pasar Amerika Serikat. Keuntungannya adalah bahwa sepatu Jepang lebih murah karena tenaga kerja lebih murah di Jepang.

Dia mulai menjual sepatu keliling dengan tujuan di stadion atletik, dimana penjualan secara pelan tapi pasti meningkat secara dramatis. Pada 1970-an, Knight dan perusahaan yang berkembang nya melihat awal revolusi jogging dan mulai mmasaran produk untuk pelari non-profesional juga. Ia lantas segera membuka pasar yang lebih luas dan mengubah image sepatu lari menjadi sepatu fashion dan menarik semua orang dari anak-anak sampai dewasa memakainya.

Pada 1979 Nike telah menguasai setengah pasar di AS dan dengan pendapatan mencapai US $ 149 juta. Pada pertengahan tahun 1980-an posisi perusahaan tampaknya tak tergoyahkan, namun secara mendadak muncul serangan dari pihak saingan yaitu Reebok. Tapi pada tahun 1990 Nike kembali memimpin perusahaan, terutama karena pengenalan dari sepatu “Air Jordan” yang didukung dan dipromosikan oleh bintang basket Michael Jordan.

Hari ini, Nike mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar dalam sepatu olahraga, dan merupakan pemain penting dalam pakaian dan aksesoris olahraga. Majalah Fortune melaporkan penjualan sebesar US $ 3,7 miliar pada tahun 1994 dan laba US $ 299 juta (Fortune 1995).Sekitar 60 persen dari penjualan perusahaan di Amerika Serikat, sekitar 30 persen di Eropa dan 5 persen di Asia. (1993 Nike: 25).

Etos perusahaan Nike adalah melibatkan dedikasi yang kuat untuk olahraga dan kebugaran. Staf di kantor pusat perusahaan, Nike Kampus Dunia pada Beaverton, Oregon, diharapkan menghabiskan beberapa jam setiap hari di gym. Mereka dijelaskan oleh direktur Nike sebagai “athletic, outdoor, lets-do-it-together types.

Perusahaan ingin dilihat, dalam kata-kata yang OWII, sebagai “young, American and hi-tech, devoting a lot of attention to research and development”.

Nike di Asia

Terlepas dari eksperimen singkat namun tidak berhasil dengan manufaktur di AS, sepatu Nike selalu dibuat di Asia, awalnya di Jepang, kemudian di Korea Selatan dan Taiwan, dan baru-baru ini di China dan Asia Tenggara.

Nike memulai produksi di Korea Selatan dan Taiwan pada tahun 1972, karena tertarik oleh tenaga kerja murah di sana, dan segera bergabung dengan perusahaan lain termasuk Adidas dan Reebok.

Tapi Nike kemudian memulai langkah lebih jauh. Alih-alih memiliki pabrik sendiri, mereka dikontrak produksi lokal di Korea dan Taiwan.

Sebagai perusahaan bos Nike Phil Knight mengatakan: “Tidak ada nilai pasti dalam membuat sesuatu hal. Nilai tersebut akan ditambahkan oleh penelitian yang cermat, dengan inovasi dan pemasaran” (Katz 1994). Produk Nike sekarang pada dasarnya mengikuti ide dari seorang desainer dan pemasar sepatu. Industri lantas dilakukan oleh pemasok Korea dan Taiwan. Sekali lagi, perusahaan lain mengikuti model ini.

Pada 1980-an Nike mencoba membuat produksi di Cina, dalam kemitraan dengan perusahaan milik negara, tapi hal ini malah mendatangkan bencana. Nike lantas memindahkan investasinya ke Taiwan. Nike lantas mengambil keuntungan dari ongkos tenaga kerja yang lebih murah di sana.

Pada akhir 1980-an dengan adanya pergolakan buruh di Korea Selatan, -peningkatan tingkat upah dan hilangnya kontrol dari tempat kerja oleh otoritas Korea – telah membuat negara tersebut menjadi kurang menarik bagi investor, baik asing maupun dalam negeri, yang mulai mencari lokasi lain yang lebih menyenangkan. Nike lantas memindahkan operasi mereka ke Thailand selatan dan Indonesia, dalam mencari tenaga kerja lebih murah dan tidak merepotkan. Upah di kedua negara tersebut disebut-sebut sebagai salah satu yang murah karena hanya memakai seperempat tarif dari yang dibayarkan di Korea Selatan. Beberapa asosiasi Nike yang bermarkas di Taiwan juga didirikan di Asia Tenggara.

Alasan lain untuk perpindahan ini adalah bahwa pada tahun 1988, baik Korea Selatan dan Taiwan kehilangan akses khusus untuk pasar AS, yang telah lama mereka nikmati sebagai status “negara berkembang” di bawah Sistem Preferensi Umum (GSP) AS. investor Korea dan Taiwan lantas bergerak ke pabrik di Thailand, Indonesia dan Cina dengan menggunakan pembuatan hak istimewa GSP dari negara-negara miskin.

Dari tujuh Nike pemasok atas sepatu olahraga pada tahun 1992, tiga adalah perusahaan Taiwan yang memproduksi produknya di Cina, tiga lainnya beroperasi di Korea Selatan, dan juga di Indonesia, satu adalah sebuah perusahaan di Thailand.

Nike di Indonesia

Nike telah beroperasi di Indonesia sejak 1988 dan hampir sepertiga dari sepatu yang ada sekarang merupakan produk dari sana. Dalam sebuah wawancara pers di November 1994, koordinator perusahaan Nike di Indonesia, Tony Band, mengatakan perusahaan yang digunakan di Indonesia berjumlah 11 kontraktor. Di antaranya merupakan bekas-bekas basis perusahaan asosiasi Nike di Korea Selatan dan Taiwan -yang juga pada saat yang sama menghasilkan untuk merek lain seperti Reebok, Adidas dan Puma-.

Hubungan antara Nike dan kontraktor di Indonesia cukup dekat. Setiap personel Nike di setiap pabrik di Indonesia memeriksa kualitas dan pengerjaan yang memenuhi persyaratan ketat Nike.

Sebagian besar pabrik yang memproduksi untuk Nike berlokasi di daerah yang baru dikembangkan untuk industri ringan di Tangerang dan Serang, sebelah barat Jakarta. Pada pabrik yang dimiliki Korea (dan beberapa yang dimiliki Indonesia juga) manajemen puncaknya dipegang oleh orang Korea. manajer tingkat menengah dan supervisor juga dapat berasal dari Korea atau Indonesia. Tapi para pekerja produksi semua berasal dari Indonesia, terutama wanita muda dalam kelompok usia 16-22, biasanya pekerja tersebut berasal dari pulau Jawa.

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s