SoftSkill ‘LEGENDA’

Posted: October 29, 2010 in Uncategorized

Legenda Danau Toba

Dalam beberapa versi legenda yang ada, legenda danau toba menceritakan mengenai seorang petani yang rajin tetapi tidak memiliki pendamping hidup. Dan pada suatu hari ketika dirinya sedang memancing dan mendapatkan ikan ternyata ikan tersebut adalah ikan yang dikutuk oleh dewata, karena berhasil diselamatkan petani tersebut ikan tersebut berubah wujud menjadi wanita yang cantik jelita bernama puteri.

Setelah itu petani tersebut menikah dengan puteri jelmaan ikan tersebut, mereka membuat saju perjanjian yaitu untuk tidak memberitau siapaun bahwa puteri adalah jelmaan seorang ikan. Hari demi hari dan waktupun terus berjalan, mereka hidup makmur dan memiliki seorang anak lelaki bernama putera. Anak mereka baik tapi terkadang nakal, suatu ketika waktu petani tersebut meminta tolng kepada anaknya dan tidak dituruti dirinyapun melanggar perjanjian dan mengatai anaknya bahwa dirinya adalah anak ikan.

Tak berapa lama ketika dia melanggar janjinya ketika menikah, anak dan istrinyapun lenyap dan dari pijakan kaki mereka keluar mata air yang deras dan menenggelamkan desa tersebut. Dan pada akhirnya membentuk danau toba dan pulau yang ditengahnya adalah pulau Samosir.

Data yang ada direferensi dari BLOOGER SUMUT
February 9, 2010 oleh alibaba
Tersimpan pada Sejarah dan Budaya.

Selain dari legenda yang ada dan diceritakan oleh masyarakat, kenyataan lain yang ada di DANAU TOBA adalah salah satu proses alam yang pernah terjadi sekitar 73000-75000 tahun yang lalu.
Pada saat itu terjadi letusan gunung berapi yang sangat besar yang bahan-bahan vulkanik yang dimuntahkan gunung itu sebanyak 2800km3, dengan 800km3 batuan ignimbrit dan 2000km3 abu vulkanik yang diperkirakan tertiup angin ke barat selama 2 minggu. Debu vulkanik yang ditiup angin telah menyebar ke separuh bumi, dari cina sampai ke afrika selatan. Letusannya terjadi selama 1 minggu dan lontaran debunya mencapai 10 KM diatas permukaan laut.
Letusan tersebut mengakibatkan penyusutan populasi manusia sebesar 60% dan banyak spesies yang punah. Akibat letusan tersebut terbentuk kaldera yang kemudian terisi oleh air dan menjadi yang sekarang dikenal sebagai Danau Toba. Tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar menyebabkan munculnya Pulau Samosir.

Jadi kesimpulan saya adalah dibalik cerita legenda yang ada di masyarakat tetaplah ada ilmu pasti yang dapat menjawab apa yang terjadi pada danau toba.

Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s